Monday, May 5, 2014

Mengatasi Sering Bersin-Bersin dan Pilek

Gejala bersin-bersin terus sering kali dianggap penyakit pilek (flu) oleh sebagian besar orang, padahal gejala sering bersin-bersin, terutama bersin-bersin di pagi hari setelah bangun tidur merupakan tanda penyakit lain yang disebut Rhinitis Vasomotor (Jenis Rhinitis Non-Alergi).

Apa itu Rhinitis Vasomotor?

Rinitis vasomotor adalah salah satu jenis rhinitis atau peradangan pada hidung yang muncul karena faktor lingkungan, seperti faktor kelembaban, perubahan suhu luar, suhu dingin, bau-bauan bahan kimia tertentu yang cukup kuat, dan sejenisnya. Pada beberapa orang tertentu asap rokok juga bisa menyebabkan gejala rinitis vasomotor ini muncul.

Rhinitis vasomotor tidak disebabkan oleh reaksi alergi seperti halnya pada rhinitis alergi. Tapi meskipun demikian penderita rhinitis alergi juga bisa menderita rhinitis vasomotor. Perbedaan yang paling bisa dirasakan yaitu, pada rhinitis alergi biasanya muncul rasa gatal di area hidung, mata, bahkan disekitar telinga.

Orang yang menderita rhinitis vasomotor, pembuluh darah di hidung-nya akan mengalami pembengkakan dan menyebabkan hidung membengkak serta memicu produksi lendir berlebih. Hal tersebut menyebabkan hidung meler seperti pilek dan hidung mampet. Hidung juga bisa terasa agak perih akibat peradangan.

Untuk mendiagnosa rhinitis alergi secara pasti biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan tes alergi, agar bisa diketahui secara pasti mengenai alergen penyebabnya. Sedangkan untuk mendiagnosa rhinitis vasomotor belum ada alat atau metoda yang pasti bisa memastikan pemicunya, karena seperti telah disebutkan diatas bahwa rhinitis vasomotor adalah jenis rinitis non-alergi yang disebabkan oleh faktor iritan lingkungan dan suhu. Sehingga jika setelah tes alergi dan tidak ditemukan alergi penyebab bersin-bersin yang signifikan, maka kemungkinan besar orang tersebut menderita rhinitis vasomotor.

 Mengatasi Gejala Sering Bersin-Bersin dan Pilek

Untuk mengatasi munculnya gejala rhinitis vasomotor, hal yang paling umum disarankan adalah dengan menghindari alergen pemicunya. Misalnya jika lingkungan sekitar Anda dingin maka disarankan menggunakan baju hangat agar kulit tidak kontak langsung dengan suhu udara dingin dan tidak mudah bersin-bersin.

Kkarena gejala rhinitis vasomotor sama dengan rhinitis alergi, untuk mengobati gejala yang muncul biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan golongan antihistamin dan obat dekongestan. Namun, kelemahan dari obat-obatan ini biasanya hanya berefek sementara saja dan ketika tidak minum obat, maka bersin-bersin bisa terjadi lagi.

Jika Anda ingin mengatasi bersin-bersin secara jangka panjang sehingga Anda tidak mudah bersin-bersin lagi ketika terpapar oleh suhu dingin di pagi hari, saya sarankan Anda untuk mencoba mengikuti panduan mengatasi bersin yang ada di www.mengatasibersin.com. Panduan didalamnya sudah membantu saya sembuh dari bersin-bersin dengan waktu yang cukup cepat, mudah, dan alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

3 comments:

  1. Kira-kira penyakit rhinitis vasomotor ini bisa sembuh secara permanent tidak ya.., soalnya dulu saya sudah pernah minum obat dari dokter, tapi bersin dan pilek suka kambuh lagi.

    ReplyDelete
  2. Sama nih, saya juga sering bersin-bersin terus, apalagi kalo terkena udara dingin di pagi hari.

    ReplyDelete
  3. Saya menderita pilek menahun, apakah itu tanda saya menderita penyakit rhinitis juga?

    ReplyDelete

Jika ada komentarkan, silahkan tuliskan dibawah.

Recent Comments

Recent comments Rinitis Alergi