Saturday, May 3, 2014

Bersin-Bersin Terus Menerus Tidak Berhenti

Hacimm.. Hacimm.. Hacimm.. Hacimm..Hacimm.. (Sampai berkali-kali), seperti itukah bersin-bersin yang sering Anda alami???

Gejala bersin-bersin terus tidak berhenti merupakan gejala yang dialami oleh banyak orang akhir-akhir ini. Bersin-bersin biasanya terjadi pada saat di pagi hari atau saat baru bangun tidur, dimana terjadi perubahan suhu udara yang sangat drastis dari suhu malam hari ke suhu di pagi hari yang cukup dingin.

Sering bersin-bersin di pagi hari merupakan gejala rhinitis non-alergi jenis rhinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor adalah kondisi peradangan pada membran selaput lendir (mukosa) hidung yang mana terjadi pada orang-orang yang memiliki gangguan pada sistem saraf pengatur pelebaran dan penyempitan pembuluh darah.

Rhinitis vasomotor ini sering kali di picu oleh perubahan temperatur udara, udara dingin, dan iritan kimia tertentu. Penderita rhinitis vasomotor sering kali sensitif dengan suhu dingin di pagi hari, menyebabkan pembuluh darah di membran hidung melebar dan menyebabkan produksi lendir berlebih serta bersin berkali-kali. 
Selain karena suhu dingin di pagi hari, gejalanya juga bisa dipicu saat habis mandi, menginjak lantai yang dingin, terkena air, tertiup angin, angin dari AC dan sejenisnya.

Gejala rhinitis vasomotor ini hampir sama seperti gejala rhinitis alergi, sehingga sering kali banyak orang yang sulit membedakannya dan menganggap bahwa mereka menderita gejala rhinitis alergi. Kesamaan gejalanya yaitu sering bersin-bersin terus, hidung meler/ber-ingus, hidung tersumbat, hidung dan mata agak gatal serta mata bisa berair.

Lalu bagaimana membedakannya jika bersin-bersin tanda rhinitis vasomotor atau tanda rhinitis alergi?

Cara paling mudah adalah dengan memperhatikan pemicu apa saja yang telah membuat Anda bersin-bersin, berikut ini beberapa pemicu (alergen) penyabab bersin-bersin:

  • Pemicu Rhinitis Alergi: Penderita akan mengalami bersin-bersin ketika terpapar oleh alergen serbuk sari bunga/tanaman, spora jamur, debu, tungau, alergi bulu hewan, dan zat penyebab alergi lainnya.
  • Pemicu Rhinitis vasomotor: Penderita akan mudah bersin-bersin ketika lingkungan sekitarnya terjadi perubahan suhu secara drastis (misal dari suhu hangat ke suhu dingin), suhu dingin di pagi hari, kelembaban udara, dan beberapa iritan kimia yang baunya cukup menyengat.

Rhinitis alergi biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki riwayat alergi atau penyakit asma pada keluarganya. Sedangkan rhinitis vasomotor bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti kurang istirahat dan jarang berolahraga. Sehingga ada juga beberapa orang yang mengidap rhinitis alergi dan rhinitis vasomotor secara bersamaan sekaligus.

Meskipun penyakit rhinitis bukanlah penyakit yang sangat berbahaya, namun ketika gejalanya muncul bisa sangat mengganggu sekali, misalnya bisa membuat seorang pelajar tidak konsentrasi saat belajar, bolos sekolah/kuliah, bisa membuat pekerja bolos ke kantor atau mengganggu produktivitas kerjanya, dan lain-lain.

Saya sendiri dulu juga sering bersin-bersin tiada henti-hentinya, bahkan bisa hingga belasan kali dalam satu waktu, hidung mengeluarkan lendir terus menerus dan sangat mengganggu sekali pekerjaan saya di kantor. Namun Alhamdulillah, kini saya sudah tidak lagi bersin-bersin setelah di obati dengan cara-cara yang di ajarkan dalam eBook Mengatasi Bersin yang ada di www.mengatasibersin.com.

Nah, jika Anda juga suka bersin-bersin terus menerus, saya sarankan untuk segera mengatasinya secepat mungkin, karena jika dibiarkan bisa jadi penyakit yang menahun dan semakin sulit untuk di sembuhkan.

6 comments:

  1. Wah ini gw banget nih, gw suka banget bersin-bersin gak berhenti-berhenti.

    ReplyDelete
  2. Ok, thank you atas informasinya. Sangat membantu!

    ReplyDelete

Jika ada komentarkan, silahkan tuliskan dibawah.

Recent Comments

Recent comments Rinitis Alergi