Friday, May 2, 2014

Mengatasi Bersin-Bersin dan Hidung Tersumbat

Dulu saya sering sekali mengalami bersin-bersin dan hidung tersumbat terutama saat baru bangun tidur di pagi hari. Bagi orang awam, gejala bersin dan hidung tersumbat mungkin akan dianggap sebagai gejala dari penyakit pilek atau flu. Namun taukah Anda, penyakit dengan gejala bersin-bersin terus dan hidung tersumbat bisa jadi merupakan tanda penyakit lain.

Jika bersin-bersin dan hidung tersumbat yang Anda alami terjadi hampir setiap hari, kemungkinan Anda menderita penyakit rhinitis vasomotor. Ciri-ciri dari penyakit rhinitis vasomotor yaitu sering bersin-bersin terus, hidung mampet, dan hidung meler mengeluarkan lendir baning. Bersin-bersin juga bisa terjadi saat setelah mandi atau saat habis terkena air.

Rhinitis vasomotor adalah kondisi peradangan membran selaput lendir hidung yang diakibatkan oleh iritan atau gangguan tertentu dari luar tubuh namun tidak disebabkan oleh alergen penyebab gejala alergi (Berbeda dengan Rhinitis alergi yang mana sering disebabkan oleh alergen seperti serbuk sari, spora jamur, bulu hewan tertentu, dan debu).

Rinitis vasomotor merupakan jenis rhinitis non-alergi yang mana disebabkan oleh terganggunya keseimbangan sistem saraf dan otot yang mengatur atau mengontrol pelebaran dan penyempitan pembuluh darah. Karena sistem saraf vasomotor seseorang terganggu ini bisa mengakibatkan pembuluh darah di membran hidungnya melebar dan membengkak sehingga menyebabkan kemacetan, hidung serasa tersumbat serta memicu bersin-bersin terus menerus.

Orang dengan gangguan rinitis vasomotor ini akan sangat sensitif sekali dengan udara dingin di pagi hari terutama saat bangun tidur, atau juga setelah menginjak lantai yang dingin. Gejala ini bisa terjadi pada anak-anak maupun pada orang dewasa yang memang memiliki gaya hidup buruk.

Selain sering dipicu oleh udara dingin di pagi hari, jenis rinitis non-alergi ini juga bisa disebabkan oleh faktor perubahan cuaca, perubahan suhu udara yang cukup ekstrim, bahan kimia tertentu yang baunya cukup menyengat, asap rokok, serta faktor stress.

Selain itu, rhinitis jenis non-alergi ini juga bisa terjadi akibat faktor perubahan jumlah hormon dalam tubuh, itulah kenapa banyak wanita hamil yang sering bersin-bersin dan hidung tersumbat pada saat hamil, terutama saat hamil muda sekitar 2-3 bulan (Pregnancy Rhinitis).

Penderita rhinitis vasomotor bisa terjadi berbarengan dengan gejala rhinitis alergi, jadi seseorang bisa menderita dua penyakit tersebut sekaligus. Namun hal tersebut biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki riwayat asma atau alergi, seperti alergi debu, tungau, atau alergi pada serbuk sari bunga, dll.

Untuk menghindari bersin-bersin karena rhinitis alergi Anda cukup menghindari pemicunya saja. Tapi jika Anda suka bersin-bersin dan hidung tersumbat-nya dipengaruhi oleh temperatur yang dingin di pagi hari, sebaiknya Anda mengobatinya dengan cara-cara yang diajarkan dalam E-book Mengatasi Bersin.

E-book yang dapat Anda peroleh di www.mengatasibersin.com ini harganya cukup murah dan didalamnya terdapat petunjuk lengkap mengenai cara mengatasi bersin-bersin dan hidung tersumbat dengan hanya melakukan perawatan-perawatan sederhana dan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di warung atau di pasar. 
Selain itu, isinya juga disertai dengan banyak gambar sehingga sangat mudah untuk di pahami dan di ikuti. Saya sendiri membeli ebook tersebut beberapa bulan yang lalu, dan kini penyakit bersin-bersin saya sudah sembuh.

5 comments:

  1. Terima kasih buat infonya, kebetulan saya juga suka bersin-bersin terus dan hidung tersumbat.

    ReplyDelete
  2. Kirain cuma saya yang suka bersin-bersin terus, ternyata banyak juga orang lain yang mengalaminya. hehe

    ReplyDelete
  3. Makasih udah berbagi informasi, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Semoga pnyakit bersin2 saya bisa sembuh. Makasih

    ReplyDelete
  5. sya jg mengalami hal yg sama gatal pada mata dan sering bersin bersin terutama nya pada awal pagi.

    ReplyDelete

Jika ada komentarkan, silahkan tuliskan dibawah.

Recent Comments

Recent comments Rinitis Alergi