Sunday, May 4, 2014

Akibat atau Efek Dari Bersin-Bersin Terus

Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai efek negatif yang mungkin terjadi dari akibat bersin-bersin terus.

Tentang Akibat Bersin-Bersin 
Bersin-bersin adalah proses fisiologis kompleks yang diawali ketika hidung bertemu suatu rangsangan seperti karena banyak debu yang berterbangan, polusi, asap rokok, dll. Kemudian dari gangguan rangsangan tersebut sistem saraf akan menginformasikan pada bagian otak yang mengontrol terjadinya bersin-bersin, otak memerintahkan agar material yang masuk ke hidung tersebut dikeluarkan dalam bentuk bersin-bersin.
Kemudian otak mengirim pesan pada beberapa grup otot, menyebabkan banyak otot dalam tubuh jadi ikut aktif dalam proses terjadinya bersin-bersin. Beberapa oto yang ikut aktif saat terjadinya bersin-bersin diantaranya yaitu:
  1. Otot abdominal atau otot perut.
  2. Otot dada
  3. Otot diafragma (otot besar dibawah paru-paru)
  4. Otot pita suara
  5. Oto dibelakang tenggorokan
  6. Otot pada kelopak mata
Karena banyaknya bagian tubuh yang ikut terlibat dalam proses terjadinya bersin, maka bersin-bersin bisa memiliki efek samping pada tubuh:

Kejadian bersin-bersin dapat menarik otot diantara tulang iga atau tulang rusuk dan dapat menyebabkan rasa sakit. Sering bersin-bersin juga bisa menyebabkan sakit punggung atau tulang belakang, khususnya jika Anda adalah orang yang lemah dan tidak suka berolahraga.

Pada penderita osteoporosis, yaitu penyakit yang menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, kemudian suka bersin-bersin, maka akibat bersin tersebut bisa membuat rasa sakit khususnya pada persendian tulang-tulang tertentu.

Pada wanita atau ibu hamil, bersin-bersin bisa menyebabkan rasa sakit pada otot di dekat perutnya, akibat terjadinya kontraksi otot, otot rasanya tertarik dan cukup menyakitkan apabila setelah serangan bersin-bersin.

Pada penderita rhinitis, akibat bersin-bersin bisa menyebabkan hidung merah dan agak bengkak, serta mengeluarkan lendir bening terus menerus dari hidung.

Akibat bersin-bersin terus seseorang bisa kelelahan karena pada saat bersin-bersin terjadi pengeluaran tenaga secara tidak langsug yang membuat otot-otot ikut terlibat dalam proses terjadinya bersin.

Tips: Jika Anda sering bersin-bersin terus dan ingin sembuh, saya rekomendasikan Anda untuk mencoba panduan mengatasi bersin yang ada di www.mengatasibersin.com. Di dalamnya dijelaskan secara detail disertai dengan banyak gambar mengenai cara mengatasi bersin-bersin secara mudah dan alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia, sehingga bisa terbebas dari efek samping.

2 comments:

  1. Kalo efek positifnya ada nggak ya? hehe

    ReplyDelete
  2. Wah ngeri juga ya akibat bersin-bersin yang terlalu kuat tuh ternyata.

    ReplyDelete

Jika ada komentarkan, silahkan tuliskan dibawah.

Recent Comments

Recent comments Rinitis Alergi